PENINGKATAN KEAKTIFAN, KOMUNIKASI, DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE
Djoko Santoso, Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan, komunikasi, dan hasil belajar di SMK Negeri 1 Jogonalan melalui penerapan pembelajaran think talk write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ 2 yang berjumlah 36 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan keaktifan dan komunikasi, tes hasil belajar, penilaian unjuk kerja, serta dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keaktifan, komunikasi, dan hasil belajar. Persentase rata-rata keaktifan siklus I sebesar 64,68% meningkat menjadi 76,99% pada siklus II. Persentase rata-rata komunikasi siklus I sebesar 73,61% meningkat pada siklus II menjadi 81,02%. Peningkatan hasil belajar dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 41,67% yang meningkat menjadi 52,78% pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotorik pada siklus I sebesar 94,44% meningkat menjadi 97,22% pada siklus II.
Kata kunci: Think talk write, keaktifan, komunikasi, hasil belajar.
PENDAHULUAN
Pembelajaran mata pelajaran Komputer dan Jaringan
Kata kunci: Think talk write, keaktifan, komunikasi, hasil belajar.
PENDAHULUAN
Pembelajaran mata pelajaran Komputer dan Jaringan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v7i5.14219
Refbacks
- There are currently no refbacks.