PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS, DIGITAL LITERACY, DAN FINANCIAL KNOWLEDGE TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI REKSA DANA

Meilinda Nur Aulia, Universitas Negeri Yogyakarta
Ratna Candra Sari, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, digital literacy, dan financial knowledge terhadap penggunaan aplikasi investasi reksa dana pada mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling, purposive sampling dan non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survei menggunakan kuesioner. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perceived ease of use berpengaruh positif terhadap penggunaan aplikasi investasi reksa dana, ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (2) Perceived usefulness berpengaruh positif terhadap penggunaan aplikasi investasi reksa dana, ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,038 < 0,05. (3) Digital literacy berpengaruh positif terhadap penggunaan aplikasi investasi reksa dana, ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (4) Financial knowledge berpengaruh positif terhadap penggunaan aplikasi investasi reksa dana, ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,034 < 0,05.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.