Implementasi Pembelajaran Homeschooling dalam Membentuk Kemandirian di Homeschooling Anugerah Bangsa Palagan Yogyakarta

Mariska Tamara Hans Putri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini Adalah untuk mendeskripsikan (1) Penerapan strategi dan metode pembelajaran homeschooling komunitas dalam membentuk kemandirian intelektual anak;(2) Bagaimana dampak setelah mengikuti pembelajaran homeschooling terhadap ke mandirian intelektual anak; (3) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam proses pelaksanaan penerapan pembelajaran homeschooling komunitas dalam membentuk kemandirian anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola, pendidik dan peserta didik di Homeschooling Anugerah Bangsa Palagan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Teknik triangulasi yang digunakan dalam keabsahan data yaitu teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran homeschooling dalam membentuk kemandirian anak di Homeschooling Anugerah Bangsa Palagan mencakup tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi (2) Hasil implementasi pembelajaran homeschooling dalam membentuk kemandirian intelektual anak di Homeschooling Anugerah Bangsa Palagan menunjukan perilaku yang lebih mandiri pada anak: (3) Faktor pendukung dalam penelitian ini, (a) Fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia sesuai dengan kebutuhan; (b) Semangat tutor yang tinggi dalammelaksanakan setiap kegiatan pembelajaran; (4) Faktor penghambat yang dihadapi Homeschooling Anugerah Bangsa antara lain, (a) Keanekaragaman karakteristik, tingkah laku dan sifat anak yang berbeda-beda; (b) Masalah internal yang dihadapi anak.


Keywords


implementasipembelajaran homeschooling, kemandirian anak

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar.2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional Dalam Undang-Undang Sisdiknas, Jakarta: Departemen Agama RI.

Lexy J. Moleong 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kembara, Maulia.D. 2007. Panduan Lengkap Homeschooling. Bandung: PT Syaamil Cipta Media

Mulyadi, Seto.2006.Perkembangan Homeschooling di Indonesia. Makalah Seminar Jakarta

Sukmadinata, Nana.s. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumardiono.2007. Homeschooling, Lompatan Cara Belajar, Jakarta: PT Elex Media Komsputindo.

Suharsimi Arikunto.2002. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v6i2.25478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia


View My Stats