Optimalisasi Pengelolaan Kursus Menjahit Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri

Ailsa Adriyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Efektivitas dari kursus menjahit di suatu pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) sangat ditentukan oleh pengelolaanya yang optimal. Pengelolaan kursus menjahit di PKBM yang dimaksud meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana pengelolaan kursus menjahit di PKBM di daerah Bantul, yaitu PKBM Mandiri. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa optimalisasi pengelolaan kusus menjahit di PKBM Mandiri dapat dipengaruhi oleh beragam faktor, antara lain kejelasan struktur kepengurusan PKBM, analisis kebutuhan peserta kursus, keteraturan jadwal dan materi khusus, ketersediaan fasilitas memadai dan evaluasi berkelanjutan terhadap pelaksanaan kursus menjahit.

Keywords


Kursus menjahit, PKBM, Pemberdayaan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Raharjo, T. J., Suminar, T., & Muarifuddin, M. (2016). Peran pusat kegiatan belajar masyarakat dalam menanggulangi kemiskinan melalui pendidikan nonformal di Jawa Tengah. Journal of Nonformal Education, 2(1).

Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production

Susanti, S. (2014). Meningkatkan efektivitas pendidikan nonformal dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Handayani Pgsd Fip Unimed, 1(2).

Sutarto, J. (2013). Manajemen Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish.

Zahra, P. H. (2017). Kontribusi Kompetensi Instruktur Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Level II Kursus Menjahit di LPK Putra Kencana 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v5i2.21855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia