Pelaksanaan Pendidikan Luar Sekolah melalui Kegiatan Karya Wisata dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Rasa Ingin Tahu dan Komunikatif di Kebun Raya Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka Yogyakarta
Chandra Trisna Bayu,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pelaksanaan pendidikan luar sekolah melalui kegiatan karya wisata dalam menumbuhkan rasa ingin tahu dan komunikatif di KRKB Gembira Loka Yogyakarta, 2) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan karya wisata dalam menumbuhkan rasa ingin tahu dan komunikatif di KRKB Gembira Loka Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu bagian Pendidikan, pemandu program, dan guru pendamping. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan metode interaktif yang meliputi: pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa: 1) pelaksanaan kegiatan karya wisata dalam menumbuhkan rasa ingin tahu dan komunikatif di KRKB Gembira Loka, yaitu berupa: kegiatan karya wisata pada program pembelajran luar sekolah yang dimulai dari Penyambutan, bina suasana, tour the zoo, feeding time, hingga recalling. Adapun indikator dari rasa ingin tahu diantaranya; bertanya, membaca, dan berdiskusi. Sedangkan idnikator dari komunikatif diantaranya; senang belajar bersama, mampu bekerjasama, aktif dan senang berinteraksi. Dari kesluruhan indikator terkait dengan rasa ingin tahu dan komunikatif dapat ditemukan pada penelitian ini. 2) Faktor pendukung kegiatan karya wisata dalam menumbuhkan rasa ingin tahu dan komunikatif adalah sarana prasarana yang dimiliki oleh KRKB Gembira Loka, peserta kegiatan karya wisata yang rata-rata usia TK sampai SD yang pada usia tersebut anak-anak memiliki rasa ingin tahu dan senang berinteraksi, dan program pembelajaran luar sekolah yang dapat menjadi faktor pendukung. Faktor penghambat kegiatan karya wisata dalam menumbuhkan rasa ingin tahu dan komunikatif berasal dari kualitas dan kuantitas pemandu program pembelajaran luar sekolah yang belum memadai, adanya pihak sekolah yang tidak mematuhi peraturan dari program pembelajaran luar sekolah.
Keywords
Karya wisata, Rasa Ingin Tahu, Komunikatif, dan Pembeajaran Luar Sekolah
References
Djamarah, Syaiful, B. & Aswan, Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Purossani, A. G. (2015). “Pendampingan Pembelajaran Luar Sekolah Berbasis Wisata pada Anak SD di Gembira Loka”.Journal Elektronik Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah 4 (4) 1-5
Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). Jakarta. Pustaka Karya.
Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Balitbang dan Puskur. Jakarta.
Lexy J. Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
M. Djamal. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakrta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarwo, S., Samsi, I., & Wibawa, L. (2017). Desain model wisata belajar di Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta sebagai Laboratorium Luar Kampus. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 90-100. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jppm.v4i1.1253
DOI:
https://doi.org/10.21831/jsce.v5i1.20853
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Society and Continuing Education
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Journal of Society and Continuing Education p-ISSN:
2987-4955 e-ISSN:
2987-6613 Website:
https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index Email:
jscepls22@gmail.com Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia