Keterlibatan Orang Tua pada Pendidikan Anak dalam Pelaksanaan Program Parenting di Kelompok Bermain (KB) Salma UPT SPNF SKB Kota Yogyakarta

Devie Fauziah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) keterlibatan orang tua pada pendidikan anak dalam pelaksanaan program parenting di Kelompok Bermain (KB) Salma; 2) bentuk keterlibatan orang tua pada pendidikan anak; 3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program parenting di Kelompok Bermain (KB) Salma; 4) hasil pelaksanaan program parenting di Kelompok Bermain (KB) Salma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah ketua penyelenggara, narasumber program parenting, dan orang tua peserta didik yang terlibat langsung dalam kegiatan parenting. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil peneltitan menunjukkan bahwa 1) keterlibatan orang tua pada pendidikan anak dalam pelaksanaan program parenting di Kelompok Bermain (KB) Salma dilakukan melalui tiga tahap, yaitu a) tahap persiapan; b) tahap pelaksanaan pembelajaran; c) tahap evaluasi dan monitoring; 2) bentuk keterlibatan orang tua pada pendidikan anak dalam pelaksanaan program parenting di KB Salma antara lain a) keterlibatan tentang deteksi dini tumbuh kembang anak; b) keterlibatan orang tua dalam pembuatan Alat Permainan Edukatif; c) keterlibatan orang tua dalam pembuatan makanan sehat dan bergizi; d) keterlibatan orang tua dalam kegiatan wisata anak atau minitrip; 3) faktor pendukung pelaksanaan program parenting adalah a) antusiasme setiap orang tua; b) sarana dan prasarana yang lengkap; c) narasumber yang berkompeten; d) materi yang sesuai dengan kebutuhan; e) serta kekompakan antar orang tua dengan penyelenggara program parenting. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu a) kesadaran orang tua terhadap program parenting masih kurang; b) kedatangan orang tua peserta program parenting yang kurang tepat waktu; c) ruangan yang belum memadai; 4) hasil dari pelaksanaan program parenting yaitu: a) orang tua dapat memiliki pemahaman yang baik tentang tumbuh kembang anak, b) hasil dari program parenting telah diterapkan oleh orang tua di rumah, c) manfaat positif bagi pendidikan anak, yaitu anak akan tumbuh dengan sehat dalam pola asuh yang baik sehingga pembelajaran yang dicapai anak lebih maksimal.

Keywords


pelaksanaan program parenting, keterlibatan orang tua, pendidikan anak

Full Text:

PDF

References


Ahmad Amrizal. (2013). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses dari www.slideshare.net/ahmadamrizal/ 01uu-no20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional pada tanggal 27 Juli 2018, pukul 14.15 WIB.

Diana Hentryesa. (2010). Pengelolaan Kegiatan Parenting. Diakses dari www.blogspot.com pada tanggal 17 September 2018, pukul 11.30 WIB.

Euis Sunarti. (2004). Mengasuh Dengan Hati Tantangan Yang Menyenangkan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Harun R., Mansyur & Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga: Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mohammad Takdir Illahi. (2013). Quantum Parenting: Kiat Sukses Mengasuh Anak Secara Efektif dan Cerdas. Yogyakarta: Penerbit Kata Hati.

Mukhtar Latif. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saleh Marzuki. (2012). Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Yuliani Nurani Sujiono. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v4i1.19453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia