Proses Kaderisasi Pengurus Karang Taruna (Studi Pada Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari, Pajangan, Bantul)

Kholilur Rahman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kaderisasi pengurus Karang Taruna melalui, (1) Rekruitmen pengurus Karang Taruna, (2) Pendidikan dan pelatihan Karang Taruna. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah pengurus Karang Taruna; Ketua serta Seksi humas dan kemitraan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu reduksi, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Rekruitmen pengurus Karang Taruna mencakup, (a) tahapan-tahapan rekruitmen; sosialisasi pendaftaran, pendaftaran, seleksi, pengumuman, pelantikan (b) proses rekruitmen mengikui tahapan-tahapan (c) sarana dan prasana yang digunakan dalam rekruitmen pengurus (2) Pendidikan dan pelatihan Karang Taruna untuk (a) anggota Karang Taruna dengan materi Kekarang Tarunaan dan komunikasi, (b) Pengurus Karang Taruna dengan materi Kekarang Tarunaan, Keorganisasian, komunikasi, kewirausahaan, advokasi (pendampingan), (c) sumber dana kegiatan didapat dari alokasi dana desa, usaha ekonomi produktif, markipat (f) evaluasi dilakukan setelah kegiatan selesai (e) faktor pendukung kegiatan; desa mendukung, kekompakkan anggota, kepercayaan masyarakat, factor penghambat; waktu, jadwal anggota berbenturan dengan kegiatan lain.

Keywords


kaderisasi, pendidikan dan pelatihan, karang taruna

Full Text:

PDF

References


Hakim, Ulfa.2018.Mangemen Progam Usaha Ekonomi Produktif Pada Karang Taruna Dipo Ratna Muda Di Desa Guwosari Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul.Skripsi S1.Yogyakarta.

http://diporatnamuda.or.id diakses tanggal 2 Juni 2018

https://kbbi.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 25 Mei 2018

https://www.instagram.com/diporatnamuda/?hl=i d diakses 2 Juni 2018

Kemenpora.2009.Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan.Kemenpora RI.

Lexi, J Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Persada Nusa Karya.

Nurul Sawitri.2014.Partisipasi Pemuda Dalam Progam Karang Taruna Desa (Studi Pada Pemuda Di Dusun Kupang Kidul Desa Kupang Kecamatan Ambarawa). Skripsi S1.Semarang.

Ratusan Karang Taruna di DIY Mati Suri. Harian Jogja (edisi 8 Juni 2013).

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung:Penerbit Alfabeta.

Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia.2002.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka.

Wibawa, Lutfi dkk.2016.Conflict Resolution in Tourist Youth Village: Pindul Cave Tubing in Yogyakarta. Diakses di laman http://www.atlantis-press.com tanggal 13 November 2018

Wibawa, Lutfi. (2016). Pemuda dan Pendidikan. Yogyakarta: Interlude.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v3i3.19434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia