Pemberdayaan Pemuda melalui Seni Ketoprak sebagai Upaya Mempertahankan Kesenian Tradisional di Kecamatan Gedongtengen Yogyakarta

Irfan Arifahrudin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tahapan pemberdayaan pemuda melalui kesenian ketoprak di Paguyuban Seni Gedongtengen, (2) pelaksanaan pemberdayaan pemuda melalui kesenian ketoprak di paguyuban seni gedongtengen dan, (3) faktor Pendorong dan penghambat pemberdayaan pemuda melalui seni ketoprak di pagyuban seni gedongtengen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Setting  penelitian ini dilaksanakan di Paguyuban Seni Gedongtengen Kecamatan Gedongtengen Yogyakarta dengan subjek penelitian pengurus, pelatih, dan anggota kelompok ketoprak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pemberdayaan pemuda yang dilakukan terdiri dari tahap penyadaran dan pembentukan perilaku, tahap transformasi dan pelatihan keterampilan, serta tahap peningkatan kemampuan intelektual dan keterampilan, (2) pelaksanaan pemberdayaan yang dilakukan dengan perencanaan dan identifikasi kebutuhan, pelaksanaan pelatihan ketoprak, dan evaluasi, (3) faktor pendukung yaitu faktor tempat belajar dan dukungan dari keluarga. Adapun faktor meliputi faktor bakat, motivasi, dan tingkat kecerdasan.

Keywords


Pemberdayaan Pemuda, Seni Ketoprak, Kesenian Tradisional

Full Text:

PDF

References


Ambar Teguh S. (2007). Kemitraan Dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta. Gala Media.

Anjaswarni, Tri, dkk. (2019). Deteksi Dini Kenakalan Remaja. Sidoarjo. Zifama Jawara.

Anwar. (2007). Manajemen Pemberdayaan Perempuan (Perubahan Sosial Melalui Pembelajaran Vocational Skills Pada Keluarga Nelayan). Bandung. Alfabeta.

Arsyad, (2009). Psikologi Kependidikan. Bandung. Alfabeta.

Dewa Gede HE & Gusti Ayu DS. (2016). Evaluasi Program Sertifikasi Komputer Pada Universitas Teknologi Indonesia Menggunakan Model CSE-UCLA. ejournal.undiksha.ac.id Vol, 5. No, 2.

Ife, Jim. (1995). Community Development: Creating Community Alternative, Vision, Alaysis And Practice, Melbourne. Longman Australia.

Indraddin & Irwan. (2016). Strategi dan Perubahan Sosial. Yogyakarta. Deepublish.

Jogjakota.bps.go.id

Julians ER & Marantika. (2014). Drama dalam pembelajaran bahasa dan sastra. ejournal.unpatti.ac.id. Ambon. Vol, 11. No, 2.

Kartasasmita, Ginanjar. (1995). Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. PT Pustaka Cindesindo. Jakarta

Kartini Kartono. (2010). Kenakalan Remaja: Patologi Sosial. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Kuntari Sri. (2009). Strategi Pemberdayaan (quality growth) melawan kemiskinan. B2P3KS: PRESS.

Lindsay, Jenifer. (1991). Classicc citsch contemporer. Sebuah studi tentang pertunjukan jawa. Yogyakarta. UGM Press.

Mustofa kamil. (2011). Pendidikan NonFormal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia (sebuah pembelajaran dari komikan di Jepang). Bandung. Alfabeta.

Ni Putu LG & Ni Gst Putu W. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spirtual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi. Vol, 28.

Rahmat Abdul. (2018). Manajemen Pemberdayaan Pada Pendidikan NonFormal. Gorontalo. Ideas Publishing.

Sartini. (2004). Menggali kearifan lokal nusantara sebuah kajian filsafati. Jurnal filsafat UGM. Jilid 37. No, 2.

Slameto, (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Soedarso SP. (1990). Tinjauan Seni. Yogyakarta. Saku Dayar Sana Yogyakarta.

Soekanto, S. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Edisi terbaru. Jakarta. Raja Grafindo.

Sudibyo, Lies dkk. (2013). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Yogyakarta. Andi Offset.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suparjan & Hemrpi. (2003). Pengembangan Masyarakat Dari Pembangunan Sampai Pemberdayaan. Yogyakarta. Aditya Media.

Suryabrata, Sumadi. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Wibawa, Lutfi. (2018). Pemuda&Pendidikan. Yogyakarta. Interlude.

Widjaja. AW, (2003). Peranan Motivasi Dalam Kepemimpinan, Cetakan Pertama, Jakarta. Akademika




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v3i2.19427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia