Partisipasi Organisasi Gerakan Pemuda Ansor Dalam Kegiatan Kemasyarakatan di Desa Bringin Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang

Muharom Ari Prasetyo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan bagaimana partisipasi organisasi Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ranting Bringin kabupaten Magelang dalam kegiatan kemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Deskriptif adalah pendekatan yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta, atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat populasi maupun daerah tertentu. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini ialah GP Ansor sebgai gerakan kepemudaan memiliki berbagai program kegiatan berbasis masyarakat berupa kegiatan sosial keagamaan seperti pengajian selapanan ahad legi, arisan motor, pengobatan gratis berkerjasama dengan PPNI Kabupaten Magelang dengan rumah sakit Patma Lalita dan keamanan dalam kegiatan peringatan hari besar seperti idul fitri dan kemerdekaan RI. GP Ansor memiliki Barisan Ansor Serba Guna (BANSER) dalam melaksanakan kegiatan keamanan dan kebencanaan. Partisipasi GP Ansor dalam kegiatan kemasyarakat dengan cara menjalankan kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang didukung oleh para tokoh masyarakat dan perangkat desa setempat. Sementara itu, kendala yang mempengaruhi GP Ansor berupa masalah pendanaan dan kesibukan anggota.

Keywords


partisipasi, pemuda, GP Ansor, kegiatan kemasyarakatan

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, Rahardja, (2006). Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arif Syafrudin. (2007). Membangun Partisipasi Masyarakat. Bandung: BPPKS Bandung.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daman Huri, dkk. (2008). Demokrasi dan Kemiskinan. Malang: Program Sekolah Demokrasi.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta: Cipta jaya.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. (2011). Desentralisasi dan Patisipasi Masyrakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Rosdakarya.

Sudjana. (2004). Pendidikan Nonormal: Wawasan, Sejarah Perkembngan, Filsafat dan Teori Pendukung serta Asas. Bandung: Falah Production.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v3i2.19425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia