Pemberdayaan Perempuan di Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Ketfiyah Ketfiyah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi proses pada pemberdayaan perempuan di Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara Kabupaten Sleman, Yogyakarta, (2) mengidentifikasi respon atau tanggapan masyarakat pada pemberdayaan perempuan di Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Mata Aksara Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah pengelola TBM Mata Aksara, sasaran program pemberdayaan perempuan dan tokoh masyarakat. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pogram meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun makna dari program pemberdayaan yang telah dilakukan oleh TBM Mata Aksara adalah: (a) meningkatkan kedudukan dan peranan perempuan di berbagai bidang kehidupan, (b) meningkatkan minat baca perempuan melalui program-program yang dilakukan, dan (c) aktualisasi diri. (2) Respon atau tanggapan masyarakat meliputi: (a) Masyarakat aktif berpartisipasi dalam penyelenggaraan program pemberdayaan perempuan di TBM Mata Aksara, (b) Program yang diadakan di TBM Mata Aksara sangat bermanfaat bagi perempuan untuk mendukung kegiatan kesehariannya, dan (c) Semua komponen mendukung adanya program pemberdayaan perempuan di TBM Mata Aksara.

Keywords


Pemberdayaan, Perempuan, Taman Bacaan

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Badan Pusat Statistik. (2015). Penduduk Daerah Istimewa Yogyakarta Hasil Survei Penduduk Antar Sensus. Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. (2017). Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. (2017). Statistik Ketenagakerjaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kalida, M. (2012). Fundraising Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Yogyakarta: Aswaja.

Kelompok Kerja Convetion Watch Pusat Kajian Wanita dan Jender Universitas Indonesia Nasional (2007). Jakarta.

Mudyahardjo, Redja. (2001). Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnyadan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ningrum, M.D. (2015). Dampak Program Pendidikan Kecakapan Hidup Di Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara Bagi Perempuan Di Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Skripsi S1. Universitas Negeri Yogyakarta.

Soehartono, I. (2011). Metode Penelitian Sosial Suatu Tenik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Posdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v2i2.19197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia