EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN FUNGSI ANGGOTA TUBUH PADA ANAK AUTIS KELAS 2 SLB FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas multimedia interaktif untuk pengenalan fungsi
anggota tubuh pada anak autis kelas 2 SLB Fajar Nugraha Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuasi
eksperimen dengan desain Single Subject Research (SSR) pola A-B-A.
Pengukuran pada penelitian ini dilakukan beberapa tahap yaitu tahap baseline-1 sebanyak tiga kali,
intervensi sebanyak enam kali, dan baseline-2 sebanyak tiga kali. Subjek adalah seorang siswa autis kelas 2
SLB Fajar Nugraha Yogyakarta berinisial GDG. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
metode tes prestasi belajar, metode observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah scoring
dan dipresentasikan dengan grafik garis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif efektif untuk pengenalan fungsi
anggota tubuh pada anak autis kelas 2 di SLB Fajar Nugraha Yogyakarta. Keefektivan tersebut dapat dilihat
dari hasil analisis data dengan panjang kondisi (A) = 3. (B) = 6, (A’) = 3. Kecenderungan arah pada skor
yang diperoleh siswa A (+), B (+), dan A’ (=). Kecenderungan stabilitas data, jejak data, serta level dan
stabilitas rentang untuk A stabil, B stabil, dan A’ stabil. Perubahan level A (+11,1), B (+16,6), dan A’ (0).
Hasil analisis data menunjukkan frekuensi kesalahan siswa menurun dan skor yang meningkat dalam
mengerjakan tes prestasi belajar terkait materi pengenalan fungsi anggota tubuh.
anggota tubuh pada anak autis kelas 2 SLB Fajar Nugraha Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuasi
eksperimen dengan desain Single Subject Research (SSR) pola A-B-A.
Pengukuran pada penelitian ini dilakukan beberapa tahap yaitu tahap baseline-1 sebanyak tiga kali,
intervensi sebanyak enam kali, dan baseline-2 sebanyak tiga kali. Subjek adalah seorang siswa autis kelas 2
SLB Fajar Nugraha Yogyakarta berinisial GDG. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
metode tes prestasi belajar, metode observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah scoring
dan dipresentasikan dengan grafik garis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif efektif untuk pengenalan fungsi
anggota tubuh pada anak autis kelas 2 di SLB Fajar Nugraha Yogyakarta. Keefektivan tersebut dapat dilihat
dari hasil analisis data dengan panjang kondisi (A) = 3. (B) = 6, (A’) = 3. Kecenderungan arah pada skor
yang diperoleh siswa A (+), B (+), dan A’ (=). Kecenderungan stabilitas data, jejak data, serta level dan
stabilitas rentang untuk A stabil, B stabil, dan A’ stabil. Perubahan level A (+11,1), B (+16,6), dan A’ (0).
Hasil analisis data menunjukkan frekuensi kesalahan siswa menurun dan skor yang meningkat dalam
mengerjakan tes prestasi belajar terkait materi pengenalan fungsi anggota tubuh.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: