EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN PADA SISWA AUTIS KELAS VII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan penjumlahan pada siswa kelas VII di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan Single Subyek Research (SSR) atau penelitian dengan subjek tunggal. Desain yang digunakan adalah A-B-A” yakni baseline satu, intervensi, dan baseline dua. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian membuktikan bahwa pendekatan matematika realistik efektif untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan untuk siswa kelas VII SMPLB. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya perolahan mean level yang diperoleh pada baseline satu, intervensi, baseline dua berturut turut 0%, 84%, dan 96,66 %. Hal ini berarti terdapat kenaikan pada kemampuan penjumlahan sebelum dan sesudah diberikan intervensi sebesar 96,66%. Selain itu, Persentase overlap antar kondisi baseline satu dan fase intervensi yaitu 0 % dan fase intervensi dengan baseline dua yaitu sebesar 33,33 %.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: