PENINGKATAN KETERAMPILAN PENANGANAN LUKA RINGAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI METODE LATIHAN DI SLB ABCD TUNAS KASIH DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampun bina diri pada materi penanganan luka ringan pada siswa kelas III SLB ABCD Tunas Kasih Donoharjo Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan metode observasi. Instrumen berupa tes kemampuan dan lembar observasi. Teknikan alisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh saat pra tindakan belum ada siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan, yaitu 65. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, kedua siswa sudah mencapai KKM dengan nilai tertinggi 75% dan terendah 68,75%. Kemampuan bina diri penanganan luka ringan siswa meningkat karena dalam proses pembelajaran guru selalu memberikan motivasi dan memberikan reward yang menarik sehingga siswa semakin semangat dan antusias mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan bina diri penanganan luka ringan dapat ditingkatkan melalui metode drill pada siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB ABCD Tunas Kasih Donoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: