KEEFEKTIFAN MEDIA COMPACT DISK INTERAKTIF LEXIPAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SLOW LEARNER DI SD N INKLUSI KULON PROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media CD interaktif Lexipal terhadap kemampuan
membaca permulaan bagi siswa slow learner kelas II di SD N Inklusi Tanjungharjo Kulon Progo. Jenis penelitian
ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah dua siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca permulaan. Analisis data yang digunakan yaitu statistik
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media CD interaktif Lexipal efektif terhadap
kemampuan membaca permulaan bagi siswa slow learner kelas II di SD N Inklusi Tanjungharjo Kulon Progo. Hal
ini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai tes kemampuan membaca permulaan sebesar 40%. Peningkatan
kemampuan membaca permulaan ditunjukan dengan siswa mampu membaca kata dengan pola kvk-kvk, kvk-kvv,
dan kv-kkvk dengan lafal yang tepat.
membaca permulaan bagi siswa slow learner kelas II di SD N Inklusi Tanjungharjo Kulon Progo. Jenis penelitian
ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah dua siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca permulaan. Analisis data yang digunakan yaitu statistik
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media CD interaktif Lexipal efektif terhadap
kemampuan membaca permulaan bagi siswa slow learner kelas II di SD N Inklusi Tanjungharjo Kulon Progo. Hal
ini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai tes kemampuan membaca permulaan sebesar 40%. Peningkatan
kemampuan membaca permulaan ditunjukan dengan siswa mampu membaca kata dengan pola kvk-kvk, kvk-kvv,
dan kv-kkvk dengan lafal yang tepat.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: