PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN UNTUK ANAK BERKESULITAN BELAJAR MENULIS DIKELAS II DI SD BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan menulis permulaan anak berkesulitan belajar
menulis dikelas II SD, (2) mengembangkan modul pembelajaran menulis permulaan, (3) mengetahui kelayakan
modul pembelajaran menulis permulaan, dan (4) mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran menulis
permulaan. Penelitian dan pengembangan ini disusun berdasarkan pada 10 tahapan dari Borg and Gall (Sugiyono,
2015) yang telah dimodifikasi yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan pembuatan produk, dan
pengembangan produk. Data diperoleh melalui observasi terintegrasi tes, tes kemampuan persepsi visual dan
auditori, tes keterampilan menulis permulaan, dokumentasi hasil belajar, angket validasi produk dan angket respon
siswa. Data hasil observasi, tes, dan dokumentasi dianalisis melalui teknik analisis data kualitatif melalui prosedur
pengodean dengan langkah-langkah: pengodean terbuka, pengodean berporos, dan pengodean berpilih. Data uji
validasi dan respon siswa dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai
berikut. Pertama, anak berkesulitan belajar menulis dikelas II SD memiliki kesulitan menulis pada aspek bentuk,
ukuran, spasi, penghilangan huruf, penambahan huruf, dan penggantian huruf. Kedua, Produk yang dikembangkan
berupa modul menulis permulaan untuk anak berkesulitan belajar kelas II SD yang berjudul “Menulis, Yuk!”.
Ketiga, hasil uji validasi ahli materi dan guru kelas didapatkan rata-rata dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa,
dan kegrafikan adalah 4,07 berkategori “baik” dengan tingkat kelayakan 81,4%. Keempat, hasil respon siswa
mendapatkan nilai 70% yang berarti modul pembelajaran menulis permulaan “mudah digunakan”
menulis dikelas II SD, (2) mengembangkan modul pembelajaran menulis permulaan, (3) mengetahui kelayakan
modul pembelajaran menulis permulaan, dan (4) mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran menulis
permulaan. Penelitian dan pengembangan ini disusun berdasarkan pada 10 tahapan dari Borg and Gall (Sugiyono,
2015) yang telah dimodifikasi yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan pembuatan produk, dan
pengembangan produk. Data diperoleh melalui observasi terintegrasi tes, tes kemampuan persepsi visual dan
auditori, tes keterampilan menulis permulaan, dokumentasi hasil belajar, angket validasi produk dan angket respon
siswa. Data hasil observasi, tes, dan dokumentasi dianalisis melalui teknik analisis data kualitatif melalui prosedur
pengodean dengan langkah-langkah: pengodean terbuka, pengodean berporos, dan pengodean berpilih. Data uji
validasi dan respon siswa dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai
berikut. Pertama, anak berkesulitan belajar menulis dikelas II SD memiliki kesulitan menulis pada aspek bentuk,
ukuran, spasi, penghilangan huruf, penambahan huruf, dan penggantian huruf. Kedua, Produk yang dikembangkan
berupa modul menulis permulaan untuk anak berkesulitan belajar kelas II SD yang berjudul “Menulis, Yuk!”.
Ketiga, hasil uji validasi ahli materi dan guru kelas didapatkan rata-rata dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa,
dan kegrafikan adalah 4,07 berkategori “baik” dengan tingkat kelayakan 81,4%. Keempat, hasil respon siswa
mendapatkan nilai 70% yang berarti modul pembelajaran menulis permulaan “mudah digunakan”
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: