KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA SISWA CEREBRAL PALSY KELAS III DI SLB NEGERI 1 BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan penggunaan media benda konkret terhadap kemampuan mengenal huruf siswa cerebral palsy kelas III di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Single Subjek Research (SSR) dengan desain pengulangan reversal yaitu A-B-A’. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antarkondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media benda konkret efektif terhadap kemampuan mengenal huruf pada siswa cerebral palsy kelas III di SLB Negeri 1 Bantul. Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya frekuensi dan persentase keberhasilan antara baseline-I dengan baseline-II. Kecenderungan arah pada baseline-I yaitu stabil, intervensi levelnya meningkat, dan baseline-II hasilnya meningkat. Persentase overlap antar kondisi fase baseline-I dan fase intervensi 0%, fase intervensi dengan baseline-II yaitu 66,67%, sedangkan fase baseline-I dengan fase baseline-II 0%, artinya semakin sedikit data yang tumpang tindih maka intervensi semakin efektif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: