PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS ANAK TUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA MELALUI KEGIATAN PRAMUKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan orientasi dan mobilitas siswa
tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Subyek penelitian yaitu dua siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian
dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan observasi, tes
dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pramuka dapat meningkatkan kemampuan orientasi dan
mobilitas anak tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan
peningkatan dari kemampuan awal subyek I mecapai 40% meningkat pada siklus I menjadi 76,67%
pada siklus II meningkat menjadi 90%. Kemampuan awal subyek II mencapai 30% meningkat pada
siklus I menjadi 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 70%. Peningkatan pada siklus I dilakukan
dengan tindakan memberikan materi tentang teknik indoor menyilang tubuh dengan menggunakan
tongkat yang baik dan benar pada saat melewati jalan sempit, jalan berlubang dan naik turun tangga
pada kegiatan wide game pada saat kegiatan pramuka. Pada siklus II tindakan yang dilakukan hampir
sama dengan tindakan pada siklus I namun terdapat perbedaan pada jalur wide game, dan pendamping
lebih fokus pada subyek II. Pada siklus II kedua subyek telah mencapai KKM sebesar 65%. Dengan
demikian kegiatan pramuka dapat meningkatkan kemampuan orientasi dan mobilitas siswa tunanetra
sebesar 28,33% dari kemampuan awal ke siklus I, 16,66% dari siklus I ke siklus II.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: