PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAGI ANAK AUTIS KELAS VII DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar seri
terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa autis kelas
VII di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan desain penelitian Single Subject Research (SSR) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu
Baseline-1(A), Intervensi (B) dan Baseline-2 (A’). Subjek penelitian terdiri dari satu orang
anak autis kelas VII di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita. Pengumpulan data dilakukan
dengan tes kemampuan berbicara aspek menjelaskan situasi, observasi, dan dokumentasi
sebagai data pelengkap. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis
deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar seri
dapat mempengaruhi kemampuan berbicara pada anak autis kelas VII di Sekolah Khusus
Autis Bina Anggita Yogyakarta. Subjek sangat antusias serta mau mengikuti instruksi dengan
baik secara bertahap sehingga kemampuan berbicaranya meningkat. Pengaruh yang diberikan
terhadap subjek tersebut ditunjukkan dengan menurunnya frekuensi kesalahan yang
signifikan pada fase intervensi dan baseline-2. Perubahan level yang terjadi pada
perbandingan kondisi intervensi dengan baseline-1 (B/A) untuk kemampuan berbicara
menjelaskan peristiwa dan situasi yaitu +5. Sedangkan pada kondisi intervensi dengan
baseline-2 (A’/B) yaitu +3.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: