IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS II DI SEKOLAH LUAR BIASA RELA BHAKTI I GAMPING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) bagi siswa tunagrahita kategori ringan kelas II di SLB Rela Bhakti I Gamping
dan hambatan yang dialami guru, serta upaya yang dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan kepala
SLB Rela Bhakti I Gamping. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi,
dan analisis dokumen. Instrumen menggunakan pedoman wawancara, observasi, dan analisis dokumen.
Data dianalisis melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksanaan
keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, membercheck, dan triangulasi data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran meliputi silabus dan RPP yang disesuaikan dengan hasil
asesmen. Pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari sisi pendekatan tematik yang diterapkan dalam kegiatan
eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi terlihat belum optimal. Evaluasi pembelajaran menggunakan dua
cara yaitu: evaluasi proses dan hasil. Evaluasi proses belum optimal ditinjau dari sisi pengamatan yang
belum disertai catatan observasi. Sedangkan, evaluasi hasil diperoleh melalui nilai akhir yang
dibandingkan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: