PROSES LAYANAN FISIOTERAPI BAGI ANAK TUNADAKSA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL

Risa Umami, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pelaksanaan fisioterapi di SLB Negeri
1 Bantul, 2) kendala yang dihadapi fisioterapis dalam melaksanakan fisioterapi, 3) upaya fisioterapis
dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam melaksanakan fisioterapi, 4) peran guru dalam layanan
fisioterapi di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu fisioterapis, guru dan anak tunadaksa di SLB Negeri 1
Bantul. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan
dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan pedoman wawancara, pedoman observasi dan
pedoman dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan memperpanjang waktu tinggal/keikutsertaan, ketekunan
pengamatan dan triangulasi (sumber dan metode). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1). prosedur
pelaksanaan layanan fisioterapi belum dilaksanakan secara maksimal, 2). fisioterapis menghadapi
berbagai kendala dalam melaksanakan layanan fisioterapi baik yang berasal dari fisioterapis sendiri, anak
maupun lingkungan, 3). beberapa upaya dilakukan oleh fisioterapis untuk mengatasi kendala yaitu
berdiskusi dengan fisioterapis ahli dan dokter, bekerja sama dengan wali murid, memberi saran kepada
orang tua, porsi pemijatan dikurangi. dengan sedikit paksaan, melakukan penyinaran lebih lama, bersikap
hati-hati dan orangtua diminta untuk terbuka dan jujur, 4). guru sudah berperan dalam layanan fisioterapi
tetapi belum maksimal. Selain itu, hasil penelitian menunjukan layanan fisioterapi di SLB Negeri 1
Bantul dapat memperbaiki kondisi fisik anak tunadaksa dan memberi pengaruh pada pembelajaran di
dalam kelas. Namun, layanan fisioterapi di SLB Negeri 1 Bantul belum diberikan secara ideal sehingga
masih perlu diperbaiki.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter