KEEFEKTIFAN MEDIA GLOBE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BULAN BAGI SISWA TUNANETRA KELAS IVA SLB-A YAKETUNIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media globe dalam pembelajaran IPA terhadap
pemahaman konsep perubahan kenampakan bumi dan bulan bagi siswa tunanetra kelas IVA SLB-A Yaketunis.
Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperiment dengan menggunakan one group pre-test post-test design.
Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IVA SLB-A Yaketunis yang berjumlah tiga siswa laki-laki yang
mengalami buta total (total blind). Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes hasil belajar dan
observasi. Analisis data yang digunakan yaitu statistik non-parametrik dengan Tes Tanda untuk tes hasil
belajar. Hasil observasi dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menggunakan Tes Tanda
menunjukkan bahwa p hitung 0,031 lebih kecil dari p 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa media globe
yang dimodifikasi pada bentuk bumi dibuat timbul, bentuk bulan bertekstur kasar sesuai fase-fase bulan dan
bentuk matahari bertekstur kasar efektif terhadap pemahaman konsep perubahan kenampakan bumi dan
bulan bagi siswa tunanetra kelas IVA SLB-A Yaketunis. Siswa mampu mendeskripsikan, menyebutkan,
menjelaskan perubahan kenampakan bumi dan bulan selama proses pembelajaran menggunakan media globe
(bentuk bumi, bulan dan matahari). Pembelajaran IPA menggunakan media globe yaitu siswa diminta
meraba, membandingkan media globe, mendengarkan penjelasan dari guru pada setiap bagian bentuk bumi,
matahari dan delapan fase bulan dan menceritakan kembali untuk mengaktifkan penggunaan dria
pendengaran dan perabaan siswa tunanetra.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: