PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEMBELAJARAN PERUBAHAN WUJUD ZAT PADA ANAK AUTIS KELAS VII DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Yeni Irma Normawati, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh metode guided discovery terhadap prestasi belajar
perubahan wujud zat pada anak autis kelas VII di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Pendekatan yang
digunakan ialah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain eksperimen
yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan metode A-B-A’. Subjek penelitian merupakan satu
siswa autis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan statistik deskriptif, kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif metode guided discovery terhadap prestasi belajar perubahan wujud
zat pada anak autis. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rata-rata skor tes kemampuan kognitif pada fase baseline 1
yang diperoleh subjek 46,67% meningkat menjadi 76,67% pada fase intervensi dan mencapai 86,67% pada fase
baseline 2. Kemampuan afektif subjek mencapai 48,33% pada baseline 1, fase intervensi mencapai 69,71%
dan baseline 2 mencapai 93,16%. Kemampuan psikomotor subyek fase baseline 1 38,33%, meningkat menjadi
52,92% pada fase intervensi, dan mencapai 75,83% pada fase baseline 2. Data tumpang tindih kemampuan kognitif
mencapai 33,33% dan 0% pada kemampuan afektif dan psikomotor. Hal ini menunjukkan bahwa metode Guided
Discovery berpengaruh terhadap prestasi belajar perubahan wujud zat pada anak autis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter