PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI MEMAKAI KAOS KAKI DAN SEPATU PADA ANAK AUTIS KELAS 1 SDLB DI SLB KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA

Yeni Ekawati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pengembangan diri memakai kaos kaki dan sepatu pada anak autis kelas 1 SDLB di SLB Khusus Autis Bina Anggita.Pelaksanaan pembelajaran tersebut terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah satu (1) guru kelas dan satu (1) siswa autis kelas 1.Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran pengembangan diri memakai kaos kaki dan sepatu untuk siswa autis terdiri atas (1) perencanaan pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil asesmen kemampuan awal siswa. (2) pelaksanaan, yaitu terdiri dari tahap awal,inti, dan penutup. (3) tahap evaluasi yang dilakukan yaitu terdiri dari evaluasi proses, evaluasi tes dan non tes.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter