ASSESMEN ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang asesmen anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas siswa autis, dan psikolog. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan member check serta uji dependability dengan melakukan bimbingan kepada dosen pembimbing. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen terhadap anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an memiliki beberapa tujuan yaitu penjaringan (screening), pengalihtanganan (referral), dan klasifikasi (classification). Pihak yang terlibat dalam asesmen yaitu Kepala Sekolah, Psikolog, Guru kelas anak autis, dan orangtua siswa autis. Tahapan asesmen sebagai berikut : 1) wawancara kepala sekolah dengan orangtua siswa. 2) kepala sekolah merujuk siswa ke psikolog untuk dilakukan asesmen 3) psikolog melakukan asesmen terhadap anak. Psikolog memberi rekomendasi kepada guru tentang hasil asesmen. 4) guru membuat lesson plan atau program pembelajaran individual (PPI). Metode yang digunakan untuk asesmen yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Tindak lanjut hasil asesmen, Guru membuat PPI (Program Pembelajaran Individual).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: