PENGARUH TERAPI MUSIK INSTRUMENTAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PERILAKU INATENSI PADA ANAK ADHD KELAS III DI SDN GEJAYAN

Nicki Yutapratama, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari terapi musik instrumental dalam pembelajaran terhadap
anak ADHD khususnya perilaku inatensi anak di kelas Dasar III di SDN Gejayan Yogyakarta. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan metode Single Subject Research (SSR), dengan pendekatan
penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak 12 x pertemuan dalam3 fase (A – B – A’). Data dikumpulkan
menggunakan data observasi frekuensi perilaku inatensi anak, serta wawancara, dan analisis data menggunakan
analisis antar kondisi dan dalam kondisi. Penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik, pengujian hipotesis dengan
melihat hasil yang mengalami penurunan pada frekuensi perilaku pada hasil observasi dari fase Baseline (A1),
Intervensi (B), dan Baseline (A2). Hasil penelitian ini adalah terapimusik instrumentalmampu menurunkan frekuensi
perilaku inatensi pada siswa ADHD kelas Dasar III. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penurunan frekuensi
perilaku dari 12, 14, 14 pada fase Baseline-1 menjadi 7, 6, 6, 4, 5 frekuensi perilaku per hari pada fase Intervensi,
dan kembali menurun bila dibandingkan pada fasae Baseline-1 menjadi 10, 11, 9, 9 kali frekuensi pada fase Baseline-
2. Hal ini menunjukkan bahwa terapi musik instrumental dapat menurunkan frekuensi perilaku inatensi anak ADHD.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter