PENANGANAN PERILAKU HIPERAKTIF PADA ANAK AUTIS DI PAUD INKLUSI AHSANU AMALA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : langkah-langkah penanganan
perilaku hiperaktif pada anak autis di PAUD Inklusi Ahsanu Amala. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 1
siswa kelas TK A PAUD Inklusi Ahsanu Amala. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara.
Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi dan wawancara,
dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi metode. Analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data dan
pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : langkah-langkah
penanganan perilaku hiperaktif pada anak autis di PAUD Inklusi Ahsanu Amala
terdiri dari identifikasi masalah, assesmen, diagnosis, perencanaan treatmen dan
pelaksanaan treatmen. Identifikasi masalah dilakukan dengan menghimpun data,
melakukan analisis dan klasifikasi, menginformasikan hasil analisis, dan
menyelenggarakan pembahasan kasus. Asesmen yang dilakukan dengan cara
wawancara dengan orang terdekat subjek dan observasi perilaku subjek.
Diagnosis yang dilakukan baru dilakukan oleh pihak guru di sekolah, sehingga
masih perlu melibatkan pihak pihak lain yang berkompeten seperti psikolog dan
dokter ahli serta ahli autis. Perencanaan treatment dilakukan dengan untuk
memberikan reward dan punishment, mengikutsertakan teman sebaya (guru
bekerjasama dengan murid lain- non ABK), memberikan aktifitas/ketrampilan
kepada anak. Pelaksanaan treatment yang dilakukan melakukan pelaksanakaan
sesuai dengan yang direncanakan, melakukan evaluasi, melakukan dan melakukan
tindak lanjut.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: