KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA DISKALKULIA KELAS IV DI SD NEGERI GADINGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi inkuiri terbimbing terhadap kemampuan
menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa diskalkulia kelas IV di SD Negeri Gadingan. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu kuasi eksperimen. Subjek penelitian yaitu satu siswa diskalkulia kelas IV. Pengumpulan data
menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Analisis data tes hasil belajar maupun data observasi menggunakan
analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi inkuiri terbimbing efektif terhadap
kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa diskalkulia kelas IV di SD Negeri Gadingan. Hal ini
dibuktikan dengan peningkatan skor pre-test ke post-test sebesar 28% dan peningkatan perilaku teliti, tekun, dan
aktif, serta kemampuan menyelesaikan soal cerita selama perlakuan. Subjek mampu mengerjakan soal cerita
pecahan secara runtut mulai dari menemukan hal yang ditanyakan, mencari informasi yang esensial dari narasi
soal, memilih operasi hitung yang sesuai, menyusun kalimat matematikanya dan menyelesaikan dengan teliti, serta
menyatakan kesimpulan dari jawaban. Selama perlakuan, subjek juga menunjukkan perubahan perilaku yakni siswa
lebih teliti dan tekun saat menyelesaikan tugas walaupun tanpa pendampingan dari guru, dan lebih aktif bertanya,
menanggapi maupun mengungkapkan pendapat saat kegiatan diskusi kelompok dan presentasi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: