PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENCUCI SEPEDA MOTOR PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN DI SLB G DAYA ANANDA PURWOMARTANI KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran keterampilan mencuci sepeda motor pada anak tunagrahita kategori ringan di SLB G Daya Ananda Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah salah satu anak tunagrahita kategori ringan yang mengikuti pembelajaran keterampilan mencuci sepeda motor tingkat sekolah menengah pertama di SLB G Daya Ananda Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji kebsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran keterampilan mencuci sepeda motor di SLB G Daya Ananda berjalan dengan baik, guru dapat mengenal karakteristik setiap peserta didik, guru sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu memberikan bekal keterampilan bagi anak tunagrahita kategori ringan agar dapat mencuci sepeda motor; siswa mampu mengenal alat, fungsi, dan cara penggunaannya dengan benar; mampu menyebutkan bagian-bagian sepeda motor; serta dapat melaksanakan praktik mencuci sepeda motor secara runtut meskipun masih perlu pendampingan dan bimbingan dari guru. Pembelajaran keterampilan mencuci sepeda motor sangat efektif dan memberikan manfaat yang cukup baik bagi anak tunagrahita ringan sebagai bekal menghadapi dunia kerja di masyarakat.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: