PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KARAWITAN PADA ANAK AUTIS DI SLB KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pelaksanaan pembelajaran karawitan pada anak autis di SLB Khusus Autis Bina Anggita. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru karawitan, guru bidang kurikulum, guru kesenian, dan guru bidang sarana dan prasarana. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SLB Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta pada bulan April sampai Juni 2016. Analisis data pada penelitian ini menggunakan langkah penyajian data, reduksi data, display data dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran karawitan belum dibuat dokumen tertulis berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). 2) Pelaksanaan pembelajaran karawitan sama seperti pembelajaran lainnya terdiri dari tahap kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. 3) Evaluasi sudah dilakukan, namun belum dibuat format penilaian tertulis untuk hasil dari pembelajaran. 4) Sarana yang tersedia dalam pembelajaran karawitan sudah cukup baik dan sudah sesuai dengan kebutuhan anak autis. Rancakan untuk saron dan demung dibuat semenarik mungkin dan unik seperti bentuk pesawat, mobil-mobilan, truk, mobil tentara, dan dibuat berwarna warni.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: