IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANGUNREJO 2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar membaca pada siswa tunagrahita
kategori ringan kelas 5 di SD Negeri Bangunrejo 2. Penelitian ini menjelaskan kemampuan membaca
pemahaman, kesulitan yang dihadapi siswa tunagrahita pada saat membaca dan usaha yang dilakukan
guru untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah guru dan siswa tunagrahita ringan. Objek penelitian difokuskan pada kegiatan
membaca pada saat pembelajaran bahasa Indonesia. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, catatan
lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan siswa tunagrahita di kelas 5 SD Negeri
Bangunrejo 2 mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan, kemampuan menjelaskan makna kata
sukar dalam bacaan yang dimiliki siswa sangat rendah, kemampuan menceritakan kembali isi bacaan
pada siswa tunagrahita ringan tergolong dalam kategori cukup. Usaha guru untuk mengatasi kesulitan
belajar membaca siswa tunagrahita adalah guru melakukan berbagai latihan dan penugasan, diskusi
berkelompok, mencari materi dari internet dan diberi gambar menarik yang sesuai dengan bacaan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: