EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN BIMBINGAN TERHADAP PEMAHAMAN PENDIDIKAN SEKS ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V DI SLB YAPENAS SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media papan bimbingan dalam pemahaman pendidikan seks pada anak tunagrahita ringan kelas V di SLB Yapenas Condongcatur Depok Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kuasi eksperimen. Subjek penelitian berjumlah 4 siswa tunagrahita kelas V yang terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) tes hasil belajar, dan 2) observasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah statistik deskripsif. Berdasarakan hasil penelitian, media papan bimbingan efektif terhadap pemahaman pendidikan seks anak tunagrahita ringan kelas V di SLB Yapenas Condongcatur Depok Sleman. Hal tersebut dilihat dari rata-rata hasil persentase pre-test sebesar 59,95% dan post-test sebesar 87,4% sehingga terjadi kenaikan 27,4%. Selain itu dilihat dari hasil observasi siswa mampu menjelaskan perbedaan laki-laki dan perempuan (pakaian, permainan, alat kelamin, dan tanda-tanda pubertas), siswa dapat menjaga kesehatan dirinya dan saling menghormati dengan lawan jenisnya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: