PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGARANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengarang siswa tunarungu dengan
menggunakan gambar berseri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classrooms action research)
dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah 7 siswa tunarungu kelas Dasar V SLB
B Karnnamanohara Yogyakarta. Penelitian terdiri dari 2 siklus. Satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.
Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya
mengarang dengan menggunakan media gambar berseri. Metode analisis data yang digunakan adalah diskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar berseri dalam pelajaran Bahasa
Indonesia dapat meningkatkan kemampuan mengarang pada siswa tunarungu. Hasil tersebut dibuktikan dengan
meningkatnya nilai mengarang siswa. Pada pra siklus nilai yang dicapai siswa adalah 56,42 naik menjadi 58,82
pada siklus 1 pertemuan pertama, 59,85 pada siklus 1 pertemuan kedua, 67 pada siklus 2 pertemuan pertama dan 72
pada siklus 2 pertemuan kedua. Kesimpulan akhir adalah melalui penerapan media gambar berseri keterampilan
mengarang siswa tunarungu meningkat.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: