KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS ALAM DALAM PEMBELAJARAN IPS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pendekatan kontekstual berbasis
alam efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS “Pengenalan Alat Transportasi” pada
anak tunagrahita ringan di SLB Muhammadiyah Gamping. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
quasy experiment dengan desain one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini
adalah anak tunagrahita tipe ringan kelas II SDLB berjumlah 2 orang. Pengumpulan data menggunakan
tes tertulis dan observasi perilaku pada saat perlakuan berlangsung. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan desriptif kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan tes tanda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis alam efektif dan dapat
meningkatkan prestasi belajar untuk pelajaran IPS “Pengenalan Alat Transportasi” pada siswa tunagrahita
tipe ringan kelas II di SLB Muhammadiyah Gamping. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan
tercapainya KKM yang telah ditentukan sekolah, yakni 65%. Skor pada masing-masing subjek meningkat
sebesar 28% untuk BI dan 33% untuk subjek IK setelah diberikan post-test. Pada saat pemberian pre-test
dan belum diberikan perlakuan dengan model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis
alam, subjek BI mendapat skor 61 dan IK mendapat skor 56, namun ketika diberikan post-test subjek BI
dan IK mendapatkan skor 89.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: