PENGARUH PERMAINAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA PADA ANAK AUTIS KELAS TK DI SEKOLAH AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan permainan
kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan mengenal kosakata terkait dengan
kemampuan menyebutkan kosakata kata kerja siswa kelas TK di Sekolah Autisme Bina
Anggita.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan eksperimen
Single Subject Research (SSR) dengan desain A1-B-A2. Subyek penelitian merupakan
siswa autis kelas TK dengan umur 5 tahun, yakni subyek MMH. Pengumpulan data
menggunakan tes unjuk kerja, observasi dan dokumentasi pada saat pelaksanaan baseline-
1, intervensi, dan baseline-2. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan
ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis
dalam kondisi dan analisis antar kondisi.
Pengumpulan data melalui pengukuran kemampuan mengenal kosakata dengan
menggunakan tes objektif yang berkaitan dengan menyebutkan kosakata kata kerja.
Berdasarkan hasil penelitian, selama pelaksanaan kartu bergambar dan selama sesi
intervensi menunjukkan progress berupa keaktifan, yakni siswa aktif memberikan respon
selama pelajaran dan antusias dalam dalam mengikuti proses pembelajaran serta mampu
berkonsentrasi dengan baik apabila tidak ada gangguan baik secara internal maupun
exsternal. Di samping itu terdapat peningkatan kemampuan subyek dalam menyebutkan
kosakata kata kerja. Mean level subyek MMH meningkat dari 7,18 pada kondisi baseline-
1 (A-1) menjadi 11.1 pada saat intervensi (B) dan 12.23 pada saat baseline-2 (A-2). Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pelaksanaan permainan kartu bergambar
kemampuan kosakaata siswa autis kelas TK dapat ditingkatkan. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa pelaksanaan permainan kartu bergambar berpengaruh dalam
meningkatkan. kemampuan kosakata.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: