PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS X DI SLB BHAKTI KENCANA BERBAH SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran
keterampilan membatik anak tunarungu kelas X di SLB Bhakti Kencana Berbah. Subyek
penelitian adalah anak tunarungu kelas X yaitu BW dan Ar. Setting penelitian di SLB Bhakti
Kencana Berbah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Pengumpulan
data dengan teknik observasi partisipan dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan
dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian supaya anak tunarungu dapat membatik.
Materi : memotong kain, memola, melukiskan malam cair pada kain, pewarnaan,
menghilangkan malam cair sampai proses penjemuran. Metode yang digunakan : metode
ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan pemberian tugas. Media: gambar canting tulis,
gambar cara memegang canting, melukiskan malam cair pada kain, gambar motif batik
tumbuh‐tumbuhan. Langkah‐Iangkah pembelajaran membatik : 1) Persiapan RPP,
mempersiapkan alat dan bahan 2) Pelaksanaan : kegiatan awal, kegiatan inti, proses
pembuatan batik tulis; kegiatan akhir, evaluasi dengan mengisi lembar LKS. Hasil akhir
pembelajaran adalah produk batik yang sudah jadi, siap untuk dipasarkan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: