PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SLB N 1 SLEMAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran jarak jauh pada siswa Tunagrahita kelas 1 di SLB N 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis model deskriptif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pembelajaran jarak jauh dalam setiap jenis perencanaan memperhatikan jenis ketunaan dan kebutuhan belajarnya dengan menggunakan aplikasi Whatsapp dalam pembelajarannya. Jenis perencanaan pembelajaran jarak jauh di SLB N 1 Sleman terdiri dari asesmen, dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan jenis ketunaan dan kebutuhan belajarnya. Perencanaan dibuat oleh guru kelas yang mengampu semua mata pelajaran (2) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ada tiga kegiatan utama yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang penyampaiannya disesuaikan dengan jenis ketunaan dengan aplikasi Whatsapp (3) Evaluasi pembelajaran jarak jauh dengan evaluasi tes dan non tes yang sudah disesuaikan dengan jenis ketunaan karena memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran jarak jauh di SLB N 1 Sleman disesuaikan dengan jenis ketunaan dan kebutuhan belajarnya.
Kata Kunci: Pembelajaran jarak jauh, Anak Tunagrahita
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: