PENDIDIKAN VOKASIONAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MASA TRANSISI PASCA KELULUSAN DI SEKOLAH LUAR BIASA

Ulimaz Almira Ba'its, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan vokasional di SLB Dharma Bhakti Piyungan dan jenis keterampilan vokasional yang diterapkan bagi alumni anak berkebutuhan khusus di SLB Dharma Bhakti Piyungan. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya ialah pendidikan vokasional di SLB Dharma Bhakti Piyungan beserta alumni yang aktif mengikuti kegiatan vokasional di sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi pendidikan vokasional di SLB Dharma Bhakti Piyungan dilakukan dengan menyesuaikan kondisi dan kemampuan anak, guru serta sekolah. Secara penerapannya dari perencanaan, proses dan evaluasinya sekolah sudah memberikan usaha yang cukup baik untuk memenuhi syarat dalam menerapkan pendidikan vokasional, walaupun masih saja terdapat kendala pada sarana prasana, tempat, tenaga pendidik, komunikasi dan program lanjutan, namun disisi lain kendala tersebut dapat diminimalisir dengan cara alternatif yang disesuaikan dengan kondisi anak, guru dan sekolah tersebut. 2) Program pendidikan vokasional yang diberikan oleh sekolah kepada alumni anak berkebutuhan khusus di SLB Dharma Bhakti Piyungan diantaranya yaitu untuk anak Y adalah keterampilan batik dan kriya, untuk anak R adalah keterampilan kayu atau kriya, dan untuk anak M adalah keterampilan bina diri.
Kata kunci: Vokasional, Anak Berkebutuhan Khusus, Pasca Kelulusan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter