PEMBELAJARAN BINA DIRI MANDI PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bina diri mandi pada anak autis di SLB
Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian ini adalah anak autis kelas V SDLB di SLB Autisma Dian Amanah dan guru kelas. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik
deskriptif kualitatif. Langkah-langkah dalam analisis data melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, display data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persiapan pembelajaran bina diri mandi meliputi
guru mengasesmen anak, menentukan program dan menyusun RPP. 2) pelaksanaan pembelajaran bina diri mandi
melalui 3 tahapan: a) pendahuluan: guru mengkondisikan siswa, memberi apersepsi dan menyampaikan materi. b)
kegiatan inti: guru menyampaikan materi menggunakan metode ceramah dan metode simulasi, membimbing siswa
masuk kamar mandi, lalu menginstruksikan dan membimbing siswa untuk mandi sesuai tahapan-tahapan mandi.
Apabila dalam 3 kali instruksi siswa tidak mampu melaksanakan, maka guru memberikan prompt. c) penutup: guru
meminta siswa mengembalikan peralatan, menjemur handuk dan membimbing siswa kembali ke kelas lalu
mengevalusi 3) Evaluasi pembelajaran bina diri mandi pada anak autis meliputi evaluasi tes dan non tes. 4) Faktor
penghambat meliputi faktor internal yaitu anak tergolong autis yang berat, mempunyai kemampuan berbicara dan
berkomunikasi belum baik dan faktor eksternal yaitu dukungan keluarga yang kurang karena selalu melayani dan
memanjakan anak di rumah.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: