EVALUASI PROGRAM ASESMEN BAGI ANAK TUNADAKSA DI SEKOLAH LUAR BIASA GANDA DAYA ANANDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program asesmen bagi anak tunadaksa di SLB G daya ananda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan model discrepancy. Subyek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, tim asesmen, dan guru kelas. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian menyatakan bahwa : (1) pada pelaksanaan program asesmen terdapat aspek yang memenuhi kriteria meliputi model asesmen, teknik asesmen, dan analisis data, tetapi masih pada asesmen umum belum lebih spesifik pada asesmen tunadaksa. Terdapat pula yang belum memenuhi kriteria meliputi persiapan, pelaksanaan, diagnosis dan tindak lanjut serta pencatatan dan penyimpanan hasil asesmen, (2) tim asesmen belum memenuhi kriteria (tim belum mempunyai pengalaman dan belum melibatkan ahli lain), (3) sarana dan prasarana secara keseluruhan sudah baik, tetapi ada yang belum memenuhi kriteria meliputi ruangan asesmen sempit dan pencahayaan kurang, instrumen belum spesifik pada asesmen tunadaksa, bahasa yang digunakan kurang mengeksplorasi anak, dan media kurang sesuai dengan kebutuhan anak, (4) kendala dalam pelaksanaan asesmen meliputi pembagian waktu, pengetahuan yang kurang, belum ada MOU dengan ahli lain, anak yang susah untuk berinteraksi dan ruangan asesmen sempit serta terdapat anggota tim yang alot dalam proses analisis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan program asesmen bagi anak tunadaksa di SLB G Daya Ananda belum memenuhi kriteria.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: