PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN BERPAKU PADA ANAK TUNARUNGU KELAS V DI SEKOLAH LUAR BIASA KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA

Ziani Fikri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar
dengan kompetensi memahami konsep luas dan keliling bangun datar serta menyelesaikan
soal yang berkaitan dengan keliling dan luas bangun datar. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa tunarungu kelas 5 yang berjumhlah 2 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan ialah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes
matematika dan lembar observasi siswa. Analisis data yang digunakan ialah analisis data
kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan
berpaku pada materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal ini
ditunjukkan dengan hasil belajar dari pratindakan ke siklus 1 subjek FND yaitu dari 30
menjadi 50 kemudian meningkat menjadi 90 pada siklus 2. Sedangkan subyek ANF dari
pratindakan ke siklus 1 mendapatkan nilai 40 menjadi 70 kemudian meningkat menjadi 100
pada siklus 2. Peningkatan juga terlihat pada proses pembelajaran, siswa lebih semangat dan
antusias dalam mengikuti pembelajaran. Guru juga mengalami kemudahan dalam
menjelaskan materi pembelajaran.
Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Media Papan Berpaku, Siswa Tunarungu kelas 5
Abstract
This research aimed to improve the mathematics learning performance of the plane
figure in the competence of understanding the circumference and area concept also
answering questions about circumference and area of plane figure. The type of research used
was Class Action Research (CAR). The subjects were 2 deaf students of grade 5. Data
collection techniques used were the test, observation, and documentation. The instruments
used were math test questions and student observation sheets. Analysis of the data used was
the analysis of qualitative and quantitative data. The results of the study showed that using
geoboard media on plane figure material could improve mathematics learning performance.
This was indicated by the increase in learning outcomes in each cycle from the pre-action to
cycle 1 namely FND from score 30 increased to 50, then increased again to 90 in cycle 2.
Whereas ANF got to score 40 in pre-action then increased to 70 in cycle 1 and increased to
100 in cycle 2. Improvement was also seen in the learning process. Students were more
enthusiastic about learning participation. The teacher also felt convenience when explaining
learning material using the geoboard media.
Keywords: Mathematics achievement, geoboard media , grade 5 deaf Students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter