PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENCUCI RAMBUT PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan mencuci rambut pada siswa tunagrahita kategori sedang kelas VIII rombongan belajar tata rias dalam kegiatan tata kecantikan rambut di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SLBN 1 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tujuan pembelajaran keterampilan mencuci rambut adalah agar siswa tunagrahita kategori sedang dapat memahami cara mencuci rambut sebagai modal untuk bekerja, 2) jenis materi yang disampaikan berupa prosedur mencuci rambut yang dituliskan dalam Rancangan Program Pembelajaran (RPP), 3) metode pembelajaran yang digunakan tanya jawab, diskusi, penugasan, drill, bermain peran, ceramah, dan pendekatan kontekstual, 4) media pembelajaran yang gambar, manekin, dan tempat mencuci rambut, dan 5) evaluasi menggunakan metode tes dan non tes.
Kata kunci: pembelajaran keterampilan mencuci rambut, tunagrahita sedang.
Abstract
This study aims to describe the implementation of learning hair washing skills in the mentally retarded students in the class VIII cosmetology study group in hairstyling activities at the State Special School (SLBN) 1 Yogyakarta. This research is a descriptive study carried out at SLBN 1 Yogyakarta. The results showed that 1) the learning objectives of hair washing skills were so that mentally retarded students were able to understand how to wash their hair as capital for work, 2) the type of material delivered in the form of hair washing procedures written in the Learning Program Design (RPP), 3) learning methods used question and answer, discussion, assignment, drill, role playing, lecture, and contextual approach, 4) learning media that drawings, mannequins and hair washing places, and 5) evaluation using test and non-test methods.
Keywords: learning hair washing skills, moderate mental retardation.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: