EFEKTIVITAS TEKNIK KONTRAK PERILAKU (BEHAVIORAL CONTRACTS) UNTUK MENGURANGI PERILAKU OFF TASK PADA SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) KELAS V DI SD 1 TRIRENGGO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas teknik kontrak perilaku (behavioral contracts) untuk mengurangi perilaku off task pada siswa lamban belajar (slow learner) kelas V di SD 1 Trirenggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR). Desain penelitian yang digunakan yaitu A – B – A. Subjek penelitian ini adalah salah satu siswa lamban belajar kelas V SD yang memiliki perilaku off task. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi perilaku off task dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antarkondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik kontrak perilaku efektif untuk mengurangi perilaku off task siswa lamban belajar kelas V di SD 1 Trirenggo. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya penurunan frekuensi dan durasi dari perilaku off task antara baseline-1 dengan baseline-2. Persentase overlap yang diperoleh pada analisis antarkondisi sebesar 0%, artinya, semakin sedikit data yang mengalami overlap maka semakin efektif intervensi yang dilakukan.
Kata kunci : teknik kontrak perilaku, perilaku off task, lamban belajar
Abstract This study aimed to examine the effectiveness of behavioral contracts techniques to reduce off-task behavior in class V slow learner at SD 1 Trirenggo. The type of research used in this study is Single Subject Research (SSR). The design used in this study was A - B – A. The subjects in this study were one of the grade V slow learner student who had off-task behavior. Data collection is carried out by observing off-task behavior and documentation. Data analysis used is descriptive analysis which is presented in the form of tables and graphs. The components analyzed are analysis in conditions and inter-condition analysis. The results showed that behavioral contracting techniques effective to reduce off-task behavior of students who are slow to learn grade V at SD 1 Trirenggo. This can be seen with a decrease in the frequency and duration of the off task behavior between baseline-1 and baseline-2. The percentage of overlap is 0%, meaning that the less data overlap then the more effective the intervention is carried out. Keywords: behavioral contracts techniques, off task behavior, slow learner
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: