PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN MENYULAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI 1 YOGYAKARTA

Hindun Farida, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyulam bagi anak tunagrahita ringan di SLB Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penilitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu dua anak tunagrahita ringan kelas tata busana di SLB Negeri 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyulam bagi anak tuanagrahita ringan di SLB N 1 Yogyakarta: (1) persiapan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyulam bagi anak tuanagrahita ringan di SLB N 1 Yogyakarta diawali dengan melakukan assessment yang dilakukan oleh psikolog dan guru serta orang tua untuk menentukan bakat, minat, dan kemampuan agar program yang diberikan tepat sasaran (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pemberian tugas dan strategi pembelajaran menggunakan reinforcement positif, promting, dan fading hal ini sesuai dengan teori belajar behavioristik. (3) evaluasi yang dilaksanakan pada pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyulam yaitu evaluasi proses. (4) Manfaat dan tujuan pembelajaran keterampilan menyulam bagi anak tunagrahita ringan untuk melatih keterampilan dan sebagai bekal hidup di masyarakat.
Kata Kunci: Pemebelajaran keterampilan menyulam, anak tunagrahita ringan.

Abstract This study aimed to find out and to describe the implementation of learning to embroider skills for mild mentally retarded students in SLB 1 Yogyakarta. This research uses a qualitative approach with a type of descriptive research. The research subjects were two mild mentally retarded students in the fashion class at SLB N. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. The results showed that in the implementation of embroidering skills learning for mild mentally retarded students in SLB N 1 Yogyakarta (1) the preparation activities for the implementation of embroidering skills learning for mild literate children in SLB N 1 Yogyakarta began with an assessment carried out by psychologists, teacher, and parents to determine talents, interests. (2) the implementation learning using the method of assigning assignments and learning strategies using positive reinforcement, prompting, and fading appropriate behavioristic. (3) evaluations carried out in the implementation of learning to embroider skills namely process evaluation. (4) Benefits and learning objectives for embroidering mild mentally retarded students to practice skills and to provide life in the community. Keywords: Learning skills of embroidering, mild mentally retarded students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter