PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA MENGGUNAKAN MEDIA BUSY BOOK PADA ANAK TUNARUNGU KELAS III DI SLB TUNAS BHAKTI PLERET
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata benda menggunakan Media Busy Book pada anak tunarungu kelas III di SLB Tunas Bhakti Pleret. Subjek penelitian adalah 2 siswa tunarungu kelas III SDLB. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, 3 kali pertemuan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Bentuk tes yang digunakan adalah tes tertulis dan tes lisan. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Busy Book dapat meningkatkan penguasaan kosakata benda pada anak tunarungu kelas III SDLB. Terbukti adanya peningkatan pada hasil pasca tindakan siklus I dan siklus II. Hasil tes tertulis Sy meningkat sebesar 62,53% dan Mu sebesar 50%. Pada tes lisan Sy sebesar 38,89% dan Mu sebesar 40,28 %. Kosakata yang dipelajari antara lain nama benda di kelas, nama buah, dan nama hewan.
Kata Kunci: Kosakata, Media Busy Book, Anak Tunarungu
Abstract
The purpose of this research is to improve noun vocabulary mastery using Busy Book Media on deaf children of 3rd class in SLB Tunas Bhakti Pleret. There are 2 student of 3rd class in SLB Tunas Bhakti Pleret for the subject of this research. This research is using classroom action research method with research design reffering to the theory from Kemmis and Mc Taggart. This method content a few components such as planning, action, observation, and reflection. This research has been done in two cycle. Data gathered by obseration, interview, and tes. The tes form used for research is writing test and oral test. Data analysis used descriptive kuantitatif. Research result show that Busy Book Media improve noun vocabulary for deaf class III in SLB Tunas Bhakti Pleret. It’s proven by improve result data test cycle I and cycle II. The result writing test Sy experience improve 62,53% and Mu 50%. The result oral test Sy 38,98% and Mu 40,28%. The noun vocabulary that has been leart is noun vocabulary in classroom, fruits, and animals.
Keywords: Vocabulary, Busy Book Media, Deaf
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: