PENGGUNAAN MODUL UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL MENCUCI SEPEDA MOTOR PADA TUNAGRAHITA

Adhitia Yoga Arfiyan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Penggunaan Modul untuk Pembelajaran Keterampilan Vokasional Mencuci Sepeda Motor terhadap partisipasi siswa saat mencuci sepeda motor untuk anak tunagrahita ringan kelas VIII di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Data diperoleh dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil menunjukkan ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan modul untuk pembelajaran vokasional mencuci sepeda motor menunjukkan peningkatan partisipasi selama proses pembelajaran. Mean level subyek AK meningkat dari 112.4 pada kondisi baseline (A) menjadi 122.2 pada saat treatment (B). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan modul dalam pembelajaran keterampilan vokasional mencuci sepeda motor siswa tunagrahita ringan kelas VIII SMPLB dapat ditingkatkan.

Kata kunci: Modul, Pembelajaran Keterampilan Vokasional Mencuci Sepeda Motor, Anak Tunagrahita Ringan.

Abstract The purpose of this study is to examine The Effect of The Use of Modules for Vocational Skills Learning to Wash Motorbikes in class VIII at Special Education School 1 Yogyakarta. This study uses a quantitative approach to the type of experimental research. The design used in this study is Single Subject Research (SSR) with A-B design. Data obtained using observation and documentation. That obtained data were analysed through descriptive statistics and displayed in graphical form. The result of the study during the implementation of the use of modules and treatment sessions showed progress in the form of increased participation during the lesson. The subject's ability to participate in washing motorbikes is increase. Mean AK subject levels increased from 112.4 in baseline (A) to 122.2 at treatment (B). This shows that the use of modules on vocational skill learning to wash motorbikes for a light mental retardation children in class VIII can be improved.

Keywords: Modules, Vocational Skill Learning to Wash Motorbikes, Mental Retardation Children.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter