EFEKTIVITAS FINGER PAINTING TERHADAP PERILAKU INATTENTION PADA ANAK AUTIS DI SLB TRITUNA SUBANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas finger painting untuk mengurangi
perilaku inattention pada anak autis di SLB Trituna Subang. Jenis penelitian yang digunakan
adalah eksperimen dengan Single Subject Research. Desain yang digunakan dalam penelitian ini
adalah desain A-B-A’. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data penelitian eksperimen dengan subjek tunggal ini menggunakan statistik
deskriptif. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil
analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan finger painting efektif untuk
mengurangi perilaku inattention pada anak autis. Keefektifan tersebut dapat dilihat dari
perubahan rata-rata intensitas munculnya perilaku inattention pada fase baseline-1 yang
diperoleh subjek sebesar 80,56% menurun menjadi 59,45% pada fase intervensi. Kemudian
menurun lagi menjadi sebesar 40,55% pada fase baseline-2. Persentase overlap antar kondisi
baseline-1 dengan intervensi sebesar 0% dan fase intervensi dengan baseline-2 juga sebesar 0%,
artinya semakin sedikit data yang tumpang tindih maka intervensi yang diberikan semakin efektif
dalam mengurangi perilaku inattention pada anak autis.
Kata kunci: finger painting, perilaku inattention, anak autistik
Abstract
The research was aimed to examine the effectiveness of finger painting to reduce
inattention behavior of students with autism at special school Trituna Subang. This type of
research is experiment with Single Subject Reseacrh. The design used in this research is the
design of the A-B-A '. Data collection techniques used in this research is the observation,
interview and documentation. Experimental research data with this single subject are analyzed
using descriptive statistics. The data analysis includes an analysis of conditions and analysis
between the conditions. The results of the analysis in this study indicate that finger painting
activities are effective in reducing inattention behavior. The effectiveness can be seen from the
change in the average intensity of the emergence of inattention behavior in the baseline phase 1
obtained by the subject by 80.56% decreasing to 59.45% in the intervention phase. Then decline
again to 40,55% in the baseline phase 2. The percentage of overlap between baseline phase 1
and intervention conditions was 0% and the intervention phase with baseline phase 2 was also
0%, meaning that the less data overlapped, the more effective the intervention provided in
reducing inattention of students with autism.
Key words: finger painting activities, inattention behavior, autism
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: