PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN IPA SAINS BAGI SISWA TUNANETRA KELAS VII DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) penggunaan metode
pembelajaran IPA bagi siswa tunanatra, (2) faktor pendukung guru dalam menggunakan metode
pembelajaran IPA, (3) Faktor penghambat bagi guru dalam penggunaan metode pembelajaran IPA,
dan (4) cara guru dalam mengatasi hambatan dalam menggunakan metode pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek
dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra di kelas VII MTS Yaketunis Yogyakarta, yang berjumlah
lima orang dan satu orang guru bidang studi mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data dengan metode, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam
penelitian ini yaitu dengan reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dan ditemukan tentang penggunaan metode
pembelajaran IPA pada siswa tunanetra dalam materi ciri-ciri makhluk hidup yang tepat adalah
kombinasi dari beberapa metode yaitu metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, dan
metode pemberian tugas. Melalui metode-metode tersebut para siswa tunanetra dapat mengamati
benda-benda secara langsung sehingga mudah dalam menerima dan memahami pelajaran yang telah
disampaikan walaupun masih ada siswa yang belum memahami materi yang telah diberikan; namun
hal tersebut dapat diatasi oleh guru dengan cara memberikan motivasi dan memberikan pengulangan
dalam menyampaikan materi pembelajaran IPA.
Kata kunci: metode pembelajaran, anak tunanetra
Abstract
This study aims to find out and describe: (1) the use of science learning methods for visual
impairment students, (2) teacher supporting factors in using science learning methods, (3) inhibiting
factors for teachers in using science learning methods, and (4) teacher's ways in overcome obstacles
in using learning methods.
This study uses a qualitative approach, with a type of descriptive research. The subjects in
this study were students with mild visual impairments in MTS Yogyakarta in Yogyakarta, which
numbered five people and one teacher in the field of science subjects. The method used in data
collection is interview, observation and documentation. Data analysis in this study is by data
reduction, data display, and conclusion.
The results of the study find out that the proper science learning methods for visual
impairment students with specific subject the characteristic of living things is a combination of several
methods, such as; lecture method, discussion method, demonstration method, and assignment method.
With those several methods the students with visual impairment can observe the objects directly so the
lesson easily to be understood by them. Although some of the students didn’t fully understand about
the lesson, teachers can overcome by providing motivation and repetition of subject matter.
Keyword: Learning Method, visual impairment students
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: