PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBUAT BAKPIA PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA

Erni Sulistyowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membuat bakpia pada anak tunagrahita kategori ringan di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Subjek penelitian yaitu dua guru keterampilan tata boga dan lima siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran yaitu mengembangkan keterampilan anak untuk bekal bekerja setelah lulus sekolah. Media pembelajaran berupa alat dan bahan sesungguhnya. Metode pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dan praktik langsung. Evaluasi pembelajaran dengan evaluasi proses dan evaluasi hasil. Pelaksanaan pembelajaran telah disesuaikan karakteristik anak tunagrahita kategori ringan. Kemampuan belajar anak antara lain mampu menyebutkan beberapa alat, bahan, dan mampu mempaktikkan beberapa tahapan membuat bakpia. Kendala yang muncul disebabkan oleh faktor dari dalam dan faktor dari luar diri anak.
Kata kunci: pembelajaran, membuat bakpia, anak tunagrahita kategori ringan
Abstract
The purpose of this research to describe the implementation study of making bakpia for children with mild intellectual disabilities on State 2 School of Yogyakarta. This research is a descriptive study at State 2 School of Yogyakarta. These research subject are two cookery skill teachers and five students. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The validity of the data uses triangulation and data analysis techniques using descriptive-qualitative analysis. The results of this research indicate that the learning objective of making bakpia at State 2 School of Yogyakarta is to develop children's skills to work after graduating from school. Learning media in the form of tools and real materials. Learning methods use demonstration and direct practice methods. Evaluation of learning with process evaluationand evaluation of results. The implementation of learning has been adjusted to the characteristics of children with mild intellectual disabilities. Children's learning abilities include being able to mention several tools, materials, and being able to practice several stages of making bakpia. Constraints that arise are caused by the internal factors and the external factors of the child.
Keywords: learning, making bakpia, children with mild intellectual disabilities.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter