PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ALAT MUSIK GITAR PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN TINGKAT SMALB
Abstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran alat musik gitar pada anak tunagrahita kategori ringan tingkat SMALB. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: A) persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran meliputi: 1) alokasi waktu 2x45 menit 2) rombongan belajar sebanyak 6-8 siswa 3) buku teks pelajaran Seni Musik SMP, dan 4) pengelolaan kelas (guru mengatur posisi duduk, menyampaikan materi dengan suara jelas dan disesuaikan kemampuan siswa, memberikan motivasi dan dukungan, dan membiasakan siswa aktif bertanya) B) pelaksanaan pembelajaran meliputi: 1)kegiatan pendahuluan (pengkondisian, memotivasi, penyampaian sedikit materi) 2) kegiatan inti(penyampaian materi) 3) kegiatan penutup (refleksi dan evaluasi). Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran alat musik gitar yaitu dari faktor internal dan eksternal. Hail penelitian menunjukkan adanya siswa yang mampu memainkan alat musik gitar.
Kata kunci: pelaksanaan pembelajaran alat musik gitar, siswa tunagrahita kategori ringan.
Abstract
The research aims to describe the implementation and the factors that influence the success of learning guitar instruments in mentally retarded children at the SMALB level. This research is descriptive research. Data collection techniques used are observation, interview and documentation. The validity of the data using triangulation and data analysis techniques using descriptive-qualitative analysis. The results of the study show that: A) the requirements for implementing the learning process include: 1) allocation of time 2x45 minutes 2) study groups as much as 6-8 students 3) Middle School Music Arts textbooks, and 4) classroom management (teacher arranges sitting position , deliver material with clear voice and adapted students' abilities, provide motivation and support, and familiarize active students in asking) B) implementation of learning includes: 1) preliminary activities (conditioning, motivating, and delivering a little material) 2) core activities (material delivery) 3) closing activities (reflection and evaluation). Factors that influence the success of guitar musical instrument learning are internal and external factors. Hail of the research shows that students are able to play guitar musical instruments.
Keywords: implementation of musical instrument learning, mild mental retardation students.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: