KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DALAM METODE MATERNAL REFLEKTIF BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS DASAR 3 SLB B KARNNAMANOHARA

Muhammad Firman Fahrizal, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis tegak bersambung siswa
kelas dasar 3 dalam Metode Maternal Reflektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah dua orang siswa yang berada
pada jenjang kelas Dasar 3 yaitu EH dan FT. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data reduksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan pelaksanaan MMR yang dilaksanakan di kelas dasar 3
baru 4 tahap. Keterampilan menulis menjadi salah satu aspek yang penting sebagai salah satu sarana
siswa dalam memperoleh bahasa. Hal tersebut terlihat dalam kegiatan percami dimana menulis tegak
bersambung memiliki peranan sebagai media memperoleh bahasa yang lebih terstruktur sehingga
lebih mudah dipahami. Maka dari itu, keterampilan menulis tegak bersambung perlu dimiliki siswa
agar dapat memperoleh bahasa yang lebih baik. Hal tersebut telah mampu terpenuhi dengan
keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas dasar 3 khususnya subjek EH dan FT yang
menunjukkan bahwa mereka mampu mengikuti langkah penulisan tulisan tegak bersambung yang
telah diajarkan dengan benar sehingga mereka tidak kesulitan dalam memperoleh bahasa.
Kata Kunci : menulis, metode maternal, tunarungu
Abstract
This research aims to describe the cursive writing skills of elementary class 3 students in the
Maternal Reflective Method. The type of research used in this research is qualitative descriptive
research. The subjects in the study amounted to two students who were at the level of elementary class
3 there are EH and FT. Data collection techniques using observation, interview, and
documentation techniques. Data analysis used is reduction data analysis. The results showed that the
stages of the MMR implementation carried out in the base class 3 were only 4 stages. Writing skills
become one of the important aspects as a means for students to acquire language. This can be seen in
the percami activity that cursive writing has a role as a media to obtain a more structured language so
that it is easier to understand. Therefore, cursive writing skills need to be possessed by students in
order to obtain better language. It has been able to be fulfilled with cursive writing skills in
elementary class 3 students, especially EH and FT subjects who showed that they were able to follow
the steps of cursive writing which had been taught correctly so that they had no difficulty in obtaining
language.
Keywords: writing, maternal method, deaf


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter